Beda Kabel Straight Dan Cross

Beda Kabel Straight Dan Cross – Kabel straight-through dan crossover adalah dua jenis kabel yang digunakan untuk jaringan Ethernet atau LAN. Meskipun sama-sama digunakan untuk membuat jaringan LAN, namun fungsi kabel straight-through dan crossover sangat berbeda.

LAN adalah jaringan komputer skala terbatas yang hanya dapat menghubungkan komputer di area kecil, mis. B. di rumah, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung perkantoran.

Beda Kabel Straight Dan Cross

Beda Kabel Straight Dan Cross

Jaringan dapat dibentuk menggunakan kabel straight-through dan kabel crossover. Untuk memahami kedua jenis kabel tersebut, simak penjelasan pengertian, fungsi, penempatan, dan perbedaan kabel straight-through dan crossover berikut ini.

Kabel Lan 30m Cat5e 30meter Utp Cable 30 M

LAN adalah jaringan yang terbatas pada satu ruangan di gedung atau menghubungkan beberapa gedung di wilayah geografis tertutup.

Saat memilah kabel LAN, ada dua jenis kabel, yaitu kabel straight-through dan kabel crossover. Dua kabel adalah standar default untuk jenis konfigurasi warna kabel UTP.

Tujuan penggunaan kedua kabel tersebut pada dasarnya sama, hanya arah penggunaannya yang berbeda. Untuk kabel straight-through, urutan di satu ujung harus sama persis dengan urutan di ujung lainnya, sedangkan untuk kabel crossover harus berbeda.

Kabel straight-through dan kabel crossover merupakan dua jenis kabel yang terlihat sama, namun pada kenyataannya kedua jenis kabel ini sangat berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing kabel straight-through dan crossover.

Apa Beda Kabel Nya Dan Nyaf?

Menurut Sugeng Purbawant dalam bukunya yang berjudul “Alat Transmisi Telekomunikasi”, kabel straight adalah kabel yang memiliki urutan warna yang sama antara ujung konektor yang satu dengan ujung konektor yang lain.

Kabel yang biasa disebut dengan straight ini memiliki urutan pemasangan yang berbeda. Ada dua standar pemasangan yang umum digunakan, yaitu TIA/EIA-568A dan TIA/EIA-568B.

Di antara dua standar di atas, TIA/EIA-568B adalah standar instalasi yang paling banyak digunakan di industri LAN.

Beda Kabel Straight Dan Cross

Kabel langsung digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda, seperti B. Perangkat komputer dengan hub, komputer dengan sakelar, sakelar dengan perute, atau perute dengan hub.

Susunan Kabel Straight Dan Cross

Kabel crossover atau kabel crossover adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan peer-to-peer atau point-to-point.

See also  Harga Realme Narzo 20a 2021

Kabel straight-through dan crossover merupakan dua jenis kabel UTP yang memiliki fungsi berbeda. Di bawah ini adalah fungsi dari kabel straight dan crossover.

Kabel crossover adalah kabel UTP yang mampu menghubungkan dua perangkat dengan tipe yang sama. Diawali dengan Manajemen Jaringan Komputer yang ditulis oleh Adimas Ketut Nalendra, M.Kom, berikut ciri-ciri penggunaan kabel crossover:

Kabel straight-through dan kabel crossover terdiri dari jenis kabel yang memiliki warna tertentu. Menurut Sugen Purbavan dalam buku yang sama, berikut urutan warna kawat lurus dan kawat silang.

Memahami Fungsi Kabel Straight Dan Cross Serta Perbedaannya

Ini adalah susunan warna kawat lurus tergantung jenisnya. Sebagai referensi, warna ujung konektor dan ujung konektor lainnya pada kabel straight adalah warna yang sama.

Seperti namanya, kabel crossover memiliki susunan pin warna yang berseberangan atau berseberangan. Warna kabel crossover berbeda di salah satu ujung colokan dan di ujung colokan lainnya. Di bawah ini adalah tata letak warna kabel crossover LAN.

Mengutip dari buku “Dasar-dasar Perangkat Keras dan Jaringan Komputer” karya Secep Kurnia Sastradipraj, S.Kom., M.Kom, berikut adalah perbedaan kabel straight-through dan crossover di bawah ini.

Beda Kabel Straight Dan Cross

Pada kabel straight-through, salah satu ujung konektor dan ujung konektor lainnya memiliki warna yang sama, sedangkan pada kabel crossover, warna antara kedua ujung konektor berbeda.

Fungsi Kabel Cross Beserta Urutan Warnanya

Kabel straight-through adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, sedangkan kabel crossover berfungsi sebagai penghubung antara dua perangkat yang sama.

Inilah perbedaan antara kabel straight dan crossover. Kedua jenis kabel ini sekilas terlihat sama, namun memiliki perbedaan. Tips membedakan kabel straight dan crossover adalah warna ujung konektornya.

Jika kedua colokan berbeda warna, itu adalah kabel crossover. Jika warnanya sama, kabelnya lurus.

Jika perangkat adalah router, server host terhubung ke switch dan hub, maka kabel langsung digunakan. Saat perangkat terhubung di antara perangkat dengan jenis yang sama, kabel crossover digunakan. Kabel UTP adalah jenis kabel jaringan dengan inti yang terbuat dari bahan konduktif seperti tembaga. Setiap inti dilapisi dengan bahan plastik dan dibungkus secara individual untuk melindungi kabel dari kerusakan fisik. Fungsi kabel UTP sama dengan kabel STP (

Susunan Warna Kabel Straight Dan Cross Lengkap

) yang mengirimkan data dari sumber ke perangkat penerima. Kabel UTP dan STP memungkinkan transmisi fisik gelombang elektromagnetik dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk pengoperasian yang benar, urutan warna kawat

, yang bertindak sebagai jaringan komputer dalam area terbatas. Jaringan ini dapat menghubungkan komputer di lokasi kecil seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran, dan universitas. Ada dua jenis kabel yang biasa digunakan yaitu kabel

Bervariasi dari satu ujung ke ujung lainnya. Kabel ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan

Beda Kabel Straight Dan Cross

Yang benar adalah yang dimulai dengan kabel putih-oranye, oranye, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat. Ini adalah warna unit kabel

See also  Hp Vivo Y69 Kelebihan Dan Kekurangan

Jangan Sembarangan Mengganti Urutan Warna Kabel Lan, Kenapa?

Tag: #kabelcrossover #fungsikabelcrossover #kabelcrossover dan kabel straight #urutan warna kabel crossoverBaca juga penempatan kabel straight dan crossover lengkap dengan fitur Kekayaan Elon Musk hilang Rp 134 triliun dalam sehari 7 aplikasi untuk memulihkan file yang terhapus di HP Relive Akun Twitter Elon Musk yang Diblokir, dari Trump hingga Kanye West Cara mengatasi masalah WhatsApp atau ponsel terjatuh Urutan warna kabel jaringan straight-through dan kabel crossover – Untuk menghubungkan jaringan komputer sedemikian rupa sehingga saling terhubung, diperlukan media transmisi. Media transmisi dapat berupa kabel (kabel) atau nirkabel.

Artikel kali ini berfokus pada kabel jaringan yang umum digunakan yaitu kabel straight-through dan crossover. Namun ada urutan atau susunan warna yang berbeda dari kedua kabel tersebut.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau biasa disebut kabel jaringan LAN memiliki 8 warna yang berbeda, namun 4 pasang kabel memiliki warna yang sama.

Harus ada urutan warna kabel yang sama antara kabel STP dan UTP, hanya saja kabel STP memiliki pelindung dan UTP tidak.

Tipe Kabel Straight Throught Cross Over Dan Roll Over Cable

Bagaimana urutan warna kabel straight dan crossover? Kedua kabel ini sangat berguna jika Anda ingin membangun jaringan area lokal atau bahkan jaringan besar di rumah. Silahkan baca di bawah ini perlahan.

Kedua ujung kabel jaringan straight-through memiliki warna yang sama, apakah itu ujung kabel straight-through A atau kabel straight-through ujung B. Susunan warna kabel straight-through di ujung A adalah sebagai berikut:

Sedangkan ujung kabel direct lainnya yaitu ujung kabel jaringan direct B memiliki warna yang sama dengan :

Beda Kabel Straight Dan Cross

Warna kabel crossover berbeda-beda antara ujung satu dengan ujung lainnya, untuk ujung A berikut urutan warnanya :

Susunan Urutan Warna Kabel Straight Dan Cross

Ujung lain dari kabel jaringan crossover memiliki warna yang sama dengan kabel jaringan lurus, warnanya adalah sebagai berikut:

Inilah urutan warna kabel jaringan komputer straight-through dan kabel jaringan komputer crossover yang biasa digunakan pada jaringan komputer. Semoga artikel ini mudah dipahami. Silakan tinggalkan komentar.

Keuntungan menggunakan NAS sebagai digital data carrier Pengertian dan jenis kabel fiber optic pada jaringan komputer Cara konfigurasi AdGuard Home di Mikrotik Cara install Grafana versi 9 di Ubuntu Server 20.04 Urutan warna kabel LAN penting diketahui agar komputer dapat terhubung dengan benar ke router dan Internet. Namun, warna kabel LAN adalah warna yang berbeda. Jangan mengurutkan kabel berdasarkan warna, karena komputer Anda tidak akan dapat tersambung ke Internet. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat memasang kabel LAN.

Bagi Anda yang berkecimpung dalam jaringan, salah satu kabel yang biasa digunakan dalam berjejaring adalah model UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel UTP adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan berbagai peralatan jaringan ke komputer.

See also  Ssd M2 Nvme Pcie 4.0

Cara Menghubungkan 2 Pc Atau Lebih Di Cisco Packet Tracer Menggunakan Switch

Kabel UTP juga sering digunakan untuk membuat jaringan area lokal. Kabel UTP lebih disukai karena murah dan dapat mengirimkan data dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Jadi jika anda pernah membuka kabel UTP, anda akan menemukan 8 kabel yang berbeda warna. Setiap urutan warna kabel LAN memiliki fungsinya masing-masing.

Kabel LAN tersedia dalam 8 warna kabel yang berbeda. Urutan warna kabel LAN memiliki urutan warna kabel yang berbeda tergantung jenisnya, straight through atau crossover. Di bawah ini adalah urutan warna kabel LAN berdasarkan jenis kabel.

Setiap warna kabel LAN memiliki fungsinya masing-masing. Jadi Anda tidak bisa sembarangan memasang atau menyortir kabel LAN Anda. Tergantung pada warnanya, kabel LAN melakukan fungsi-fungsi berikut:

Beda Kabel Straight Dan Cross

Kabel jaringan tersedia dalam berbagai warna. Berbagai jenis kabel LAN dan urutan warna memiliki fungsi yang berbeda. Setiap jenis kabel LAN memiliki urutan warna kabel yang berbeda. Jika tidak terpasang dengan benar, kabel LAN tidak akan berfungsi.

Pengertian Utp (kabel Unshielded Twisted Pair), Kategori Dan Fungsinya

Saat memasang kabel LAN, urutan warna lurus atau silang bisa lebih fleksibel. Di atas hanya urutan warna kabel LAN standar. Sebenarnya anda tidak bisa memasang kabel LAN dengan urutan diatas, namun ada syaratnya yaitu :

Kabel straight-through adalah jenis kabel LAN yang dipasang dari satu ujung ke ujung lainnya dengan cara yang sama. Fungsi kabel langsung dirancang untuk memasang perangkat yang berbeda. Kabel jenis ini paling banyak digunakan karena fungsinya yang banyak.

Kabel crossover adalah jenis kabel yang memiliki warna berbeda di setiap ujungnya. Fitur kabel crossover digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama. Kabel cross-over adalah kebalikan dari kabel straight-through. Kabel cross-over jarang digunakan dibandingkan dengan kabel straight-through.

Pada prinsipnya sangat mudah untuk membedakan antara kabel straight dan crossover. Kedua jenis kabel ini dapat kita bedakan berdasarkan urutan warnanya. Untuk kabel crossover, ada beberapa urutan warna kabel lurus ke depan yang dibalik. Perbedaan lainnya adalah kabel crossover digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama. Sedangkan kabel straight dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda.

Cara Menghubungkan 2 Router Dengan Kabel Lan (tp Link)

LAN memiliki banyak keuntungan. Keuntungan dari LAN kabel melalui LAN nirkabel memungkinkan Anda untuk berjalan lebih lancar. Berikut adalah beberapa keunggulan kabel LAN sebagai perbandingan

Penggunaan kabel cross dan straight, kabel cross dan straight cable, pengertian kabel straight dan cross, kabel rj45 straight dan cross, contoh kabel straight dan cross, beda kabel lan straight dan cross, urutan kabel straight dan cross, kabel cross dan kabel straight, susunan kabel straight cross, urutan kabel straight cross, kabel cross straight, beda kabel cross dan straight

Leave a Reply

Your email address will not be published.